Diposkan pada Tips, Tips MPASI

Tanda-tanda bayi sudah siap makan

Karena aku tinggal di Jepang, kebanyakan buku yang saya ikuti adalah buku yang dijual di toko buku Jepang. Di Jepang, MPASI bisa dimulai dari anak usia 5-6 bulan. Akan tetapi itu tidak berarti setelah menginjak 5 bulan, bayi langsung diberi MPASI, tapi harus melihat tanda-tanda yang diberikan oleh bayi.

A. Menunjukkan ketertarikan kepada makanan

Saat melihat orang tuanya makan sesuatu di jam makan, awalnya bayi akan berusaha untuk melihat apa yang kita lakukan dan kemudia datang mendekat. Selain itu, bayi akan mengecap-kecapkan mulutnya sebagai tanda kalau dia ingin makan juga.

Lebih lanjutnya, si bayi akan berusaha merebut makanan yang kita makan dan memasukkannya kedalam mulutnya

B. Leher sudah kuat dan bisa duduk walau harus di beri sandaran

Ada beberapa pendapat mengenai tanda ini. Tapi, yang aku ambil adalah, apabila bayi bisa duduk walau dengan sandaran, berarti makanan yang masuk ke mulut bayi bisa dengan mudah masuk ke dalam saluran pencernaan, yang mana sangat penting untuk MPASI.

Walau belum bisa duduk sendiri, maksudnya dari posisi baring ke duduk dengan kekuatan sendiri, tapi asal bisa duduk tanpa jatuh, bayi sudah siap untuk makan. Seperti gambar di bawah ini. Ini adalah yukito saat berusia sekitar 4,5 bulan dan belum MPASI.

Aku membeli sofa bayi ini karena yukito sudah menunjukkan ketertarikan ingin duduk dan apabila di sandarkan ke bantal, masih sering jatuh miring dan dia kesel -_-“. Oiya, ini adalah tempat dia MPASI pertama kali, karena aku belum beli kursi bayi untuk makan saat ini.

C. Frekuensi Menyusunya menurun / jumlah susu yang diminum sedikit

Sejak usia 1 bulan, yukito tidak pernah lagi minum ASIP (karena aku malas pumping), jadi aku tidak tau berapa banyak yang Yukito minum. Akan tetapi, saat dia berusia 4 bulan. biasanya dia akan minum 10-15 menit PD kanan dan 10 menit PD kiri dengan rentang waktu setiap 3 jam. Setelah mendekati usia 5 bulan, dia hanya menyusu sekitar 5-10 menit dan dengan rentang waktu 3 jam.

Hal di atas yang membuat aku tau yukito sudah siap untuk MPASI.
Sebelum memulai MPASI, aku berkonsultasi dengan dokter spesialis anak tempat kami rutin cek up dan vaksin. Dokter tersebut, mengatakan “Silakan dimulai tidak apa-apa, tapi tidak perlu terburu-buru, apabila bayi tidak mau makan, masih bs ditunggu hingga usia 6 bulan”

Dengan pertimbangan:
– MPASI di Jepang, tidak langsung menu lengkap seperti di Indonesia
– Berdasarkan dari perkataan dokter tersebut dan buku yang aku baca
Aku putuskan memulai MPASI saat yukito 5 bulan lebih (1-2 minggu)

Penulis:

I'm Indonesian but currently live in Japan. I love traveling around Indonesia and the World. My blog is about everything I love. I hope you enjoy it. For fast respond, please DM me on Instagram or email me ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s